Sejarah dan Pengertian Singkat Algoritma Pemrograman

Hasil gambar untuk Algoritma
Algoritma
dan Pemrograman saat ini telah di pelajari diseluruh dunia dan merupakah salah satu program wajib di sekolah-sekolah dan bangku kuliah.

Bagi jurusan Informatika seperti di kampus Binus, matkul ini berbobot 6 SKS yang artinya sangat menentukan pada nilai IP mahasiswa. Matkul ini juga banyak ditakuti mahasiswa karena memang cukup susah.

1. Sejarah Singkat Algoritma

Algoritma ditemukan oleh seorang ilmuan timur tengah jaman peradaban islam bernama Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi (780-850 masehi) dan kata Algoritma (inggris: Algorithm) menurut sebagian ilmuan belakangan diambil dari namanya yakni Al-Khwarizmi . Dintinjau dari bahasa, Algoritma berasal dari kata algorism yang artinya perhitungan dalam angka arab namun para ahli sejarah kesulitan menemukan asal-usul istilah ini sampai akhirnya mereka menemukan bahwa Algorithm/Algoritma berasal dari nama penemunya seperti disebutkan diatas.

Al-Khwarizmi Juga dikenal sebagai penemu Aljabar atau Algebra dan juga beliau ini adalah seorang ahli Astronomi dimasanya.

2. Pengertian Algoritma

Algoritma secara singkat dapat didefinisikan sebagai Langkah-langkah Sistematis dan Logis dalam menyelesaikan suatu masalah. Dengan konsep Algoritma maka suatu permasalahan harus diselesaikan secara Sistematis, Logis dan bisa diuji benar atau salahnya.

Karena Algoritma adalah sebuah konsep, maka tentu setiap orang bisa mempunyai Algoritma yang berbeda-beda terhadap masalah yang sama. Contoh ada suatu permasalahan X dan solusinya adalah Y, maka tiap orang bisa mendapatkan Y dengan Algoritma mereke masing-masing, tidak harus sama akan tetapi menghasilkan output yang sama yaitu Y.

Pada prakteknya penerapan Algoritma haruslah efisien. Efisien disini artinya Cepat, Tepat dan Simple. Seperti kasus membuat Software komputer, Software yang dibuat dengan Algoritma yang baik akan menghasilkan software yang efisien, tidak banyak bugs dan tidak makan banyak memory yang tidak perlu misalnya.

Penyajian Algoritma biasanya tertuang dalam bentuk Pseudocode,Flowchart, dan Diagram-diagram.

Contoh kita ingin membuat Aplikasi utk menghitung Luas segitiga. Maka Algoritma nya dapat ditulis sbb:

  1. Input panjang alas nya
  2. Input panjang tinggi nya
  3. masukan rumus matematikanya : 1/2 x alas x tinggi
  4. Tampilkan hasilnya
  5. selesai

Algoritma diatas lalu ditulis kedalam bahasa pemrograman seperti ( C, C++, java, Python, PHP, dsb) sesuai kebutuhan .

Be the first to comment

Leave a Reply