Contoh Singkat Studi Kasus Menagemen Proyek IT Di Bidang Pemerintahan

Assalamualaikum wr wb, Kali ini Saya akan mempost Contoh Singkat dalam Studi Kasus management proyek IT di bidang pemerintahan, ok langsung saja ini dia contohnya :

STUDI KASUS MENAGEMEN PROYEK IT  DI BIDANG

PEMERINTAHAN

E-KTP (Electronic Kartu Tanda Penduduk)

Oleh : Ade Rian Andriana

Pengertian

e-KTP atau KTP Elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan / pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional.

Latar Belakang

Proyek e-KTP dilatarbelakangi oleh sistem pembuatan KTP konvensional di Indonesia yang memungkinkan seseorang dapat memiliki lebih dari satu KTP. Hal ini disebabkan belum adanya basis data terpadu yang menghimpun data penduduk dari seluruh Indonesia. Fakta tersebut memberi peluang penduduk yang ingin berbuat curang terhadap negara dengan menduplikasi KTP-nya. Beberapa diantaranya digunakan untuk hal-hal berikut:

  1. Menghindari pajak
  2. Memudahkan pembuatan paspor yang tidak dapat dibuat di seluruh kota
  3. Mengamankan korupsi
  4. Menyembunyikan identitas (misalnya oleh para teroris)

 

Untuk mengatasi duplikasi tersebut sekaligus menciptakan kartu identitas multifungsi, digagaslah e-KTP yang menggunakan pengamanan berbasis biometrik.

jenis pengamanan e-ktp :

  1. Mencegah adanya pemalsuan
  2. Mencegah adanya penggandaan

Analisis :

Walaupun E-ktp di proyeksikan bakal menjadi alat bantu masyarakat dalam pengunaanya, akan tetapi ternyata proyek E-ktp ini bisa di katakan gagal, mengapa demikian? banyak masyarakat yang mengeluhkan pembuatan e-ktp ini, walaupun dari pemerintah menjanjikan kemudahan dalam pemakainya, nyatanya banyak pembuatan – pembuatan e-ktp ini yang tak kunjung usai, ada yang berminggu – minggu, bahkan sampai berbulan – bulan ektp ini belum usai, hal ini dikarnakan ada beberapa faktor yang mengganjal dalam pembuatan e-ktp ini sendiri, misalnya dari faktor waktu pembuatan, segi keuangan, yang mana pada proyek ini di temukan orang – orang yang mengambil sebagian uang dana untuk proses pembuatan e-ktp itu sendiri (korupsi), serta tatacara pembuatan e-ktp itu di lakukan secara paket dan tidak terpisah, sebagai mana yang telah diutarakan oleh direktur LKPP (Lembaga kebijakan Penggandaan barang/jasa Pemerintah “Kita balas surat 23 Februari, kita kasih advance, pencermatannya salah satu poin penting adalah 9 paket pengerjaan ini (e-ktp) harus dipisah, untuk menjamin kompetisi,”(news.detik.com/..)

ok mungkin itu adalah contoh singkatnya, mudah mudahan bermanfaat, dan jangan lupa comment di bawah ya bila ada yang mau riqwest hehe…

ok sekian dan terimakasih telah mengunjungi blog saya, wassalamualaikum

Be the first to comment

Leave a Reply