Cara Instal Linux Ubuntu lewat Virtual box

Assalamualaikum gan, ok kembali lagi di blog saya, kali ini saya akan mempost tutorial bagaimana cara menginstal linux ubuntu lewat virtual box, caranya hampir sama seperti kita menginstal windows lewat virtual box seperti yang telah saya post pada postingan sebelumnya, ok langsung saja pada pembahasan, simak baik – baik ya.

Cara Instalasi Linux Ubuntu 16.04 di VirtualBox

1.  Instalasi VirtualBox di Windows
Beberapa Hal yang perlu dipersiapkan sebelum menginstal linux Ubuntu di Virtualbox, diantaranya adalah :
#Satu
Memiliki installer Linux Ubuntu 16.04, baik dalam bentuk CD, Bootable dari Flaskdisk atau ISO Image.
Jika belum memilikinya, anda bisa mendownload file ISO Ubuntu 16.04 Desktop, diWebSite Ubuntu
 Filenya cukup besar sekitar 1.4GB, jadi pastikan terlebih dahulu ISO file Ubuntu sudah didownload di Komputer anda. Jangan lupa sesuaikan dengan type Komputer Anda, apakah menggunakan 32bit Atau 64bit.
#Dua
Membuat Virtual Mesin baru di VirtualBox untuk linux Ubuntu, dan atur konfigurasi yang diperlukan sesuai dengan requirement Linux Ubuntu.
Beberapa informasi yang perlu disetting ketika membuat Virtual mesin baru adalah nama (Bebas), type OS, versi (32bit atau 64bit), kapasitas memory RAM virtual.
Klik Create jika sudah disesuaikan
dihalaman berikutnya, kita diminta untuk menentukan kapasitas Hardisk Virtual,silahkan diatur sesuai keperluan, minimum untuk Linux Ubuntu 10 GB
Klik Create untuk melanjutkan
#Tiga
Untuk memulai instalasi Ubuntu di VirtualBox setelah kita membuat Virtual Mesin baru, Selanjutnya memilihVirtual mesin tersebut, dan Klik Start
 Pilih Virtual Mesin Ubuntu Lalu klik Start
Pada saat Virtual Mesin Booting, kita harus memasukan CD installer dalam hal ini adalah file ISO Ubuntu 16.04 yang sudah di download.
Pilih file ISO Ubuntu, Klik Start Untuk melanjutkan Instalasi 
#Empat
Dalam tahap selanjutnya kita mulai masuk menu Start Up instalasi Ubuntu, Ada beberapa konfigurasi yang harus kita lakukan, diantaranya memilih Bahasa, layout keyboard, membuat partisi di linux.
Pilih Bahasa (Default English), Klik Install Ubuntu 
Selanjutnya kita akan masuk pada halaman opsi update, dan install 3rd party software, kali ini biarkan default, kita dapat melakukannya setelah selesai instalasi. silahkan Klik Continue
Klik Continue, Untuk melanjutkan 
Untuk Instalation Type Anda bisa memilih, Erase Disk and Install Ubuntu, atauSomething Else (Custom), kemudian Klik Install Now
Pilih Something Else, lalu Klik Install Now
Membuat Partisi baru, Klik New Partition Table
 Klik New Partition Table 
Membuat Partisi Swap Area (2x Kapasitas RAM)
 
pilih FreeSpace, lalu Klik +
Sesuaikan Klik OK
Selanjutnya menentukan Partisi Root (/), anda bisa gunakan sisa Partisi, atau menentukan partisi lainnya seperti /boot. /home, /usr dll.
  Sesuaikan Partition root (/), jika sudah Klik OK
Untuk Melanjutkan, Klik Install Now
Berikutnya adalah konfirmasi partisi yang dibuat akan diformat
Klik Continue untuk melanjutkan 
Tentukan Lokasi kemudian Klik Continue 
 Tentukan Keyboard Layout, Default Engslish (US), Klik Continue
Selanjutnya kita diminta untuk membuat User Profile, dan Password Login.
 Sesuaikan, kemudian Klik Continue
Selanjutnya proses Instalasi akan dimulai, tunggu sampai proses selesai, dan VirtualBox meminta Restart lalu masuk ke menu Login, kira-kira memakan waktu 15 menit.
Proses Instalasi Ubuntu 
Tunggu sampai Ubuntu Meminta Restart
Klik Restart untuk mengakhiri Instalasi, dan masuk menu Login 
Selanjutnya Virtual Mesin akan Restart dan Linux Ubuntu akan melakukan Start up untuk pertama kali, tanda Instalasi Sukses.
Masukan Password yang dibuat pada saat instalasi 
Setelah masuk Home Screen Desktop Ubuntu, artinya proses Instalasi telah berhasil, dan silahkan untuk mengeksplorasi Linux Ubuntu. Selamat !!
Home Screen Desktop Ubuntu 16.04 
demikian adalah cara instalasi ubuntu lewat virtual box, caranya hampir sama dengan windows namun yang membedakan adalah cara instalasi os nya yang berbeda, sementara untuk setting di virtual boxnya sama dengan windows, ok terimakasih atas kunjunganya mudah mudahan bermanfaat
wassalamualaikum wr wb
Mahasiswa Institut Pendidikan Indonesia PTI Garut
Ade Rian Andriana

Be the first to comment

Leave a Reply